Pembela Hak-hak Muslim Myanmar Ditembak Tepat di Kepalanya Sepulang Dari Jakarta

Dunia ham berulang berduka. ko ni, pembela hak - hak muslim myanmar itu ditembak pas di kepalanya tidak lama sehabis datang di lapangan terbang yangon, minggu (29/1). dia baru aja melaksanakan ekspedisi dari indonesia.

ko ni edang menunggu taksi di pelataran lapangan terbang yanggon, dekat jam 16. 30 waktu setempat. seketika, timbul seorang yang menambaknya sampai tewas. seseorang supir taksi yang pernah berupaya menghindari pelakon melarikan diri pula ditembak dan juga mengidap cidera, saat sebelum setelah itu tewas.

saat ini, terdakwa penembak sudah ditangkap, tetapi belum terdapat rincian tentang motif gempuran mematikan itu. departemen data myanmar berkata terdakwa bernama kyi lin, seseorang laki - laki berumur 53 tahun dari mandalay.

nama ko ni tidak asing untuk mereka yang getol bersinggungan dengan isu - isu kemanusiaan. ko ni merupakan salah seseorang tokoh muslim ternama di negeri yang mayoritasnya beragama buddha tersebut.

dia diketahui bagaikan pegiat mahasiswa pada masa pergolakan melawan rezim militer tahun 1988, dan juga sempat jadi tahanan politik. sehabis leluasa, tidak hanya jadi pengacara, ia pula berprofesi bagaikan penasihat di nld.

walaupun demikian, dia terus mengkritik partai pimpinan aung san suu kyi itu karna tidak menempatkan calon anggota parlemen beragama islam dalam pemilihan universal 2015. belum lamaini, ko ni ikut menolong mendirikan asosiasi pengacara muslim myanmar dan juga menyuarakan perlunya proteksi hak - hak masyarakat muslim.

tidak cuma itu, ko ni pula mendirikan firma hukum, laurel law firm berbarengan 2 pengacara yang lain tahun 1995. mantan kepala jaringan penasehat hukum myanmar, kyee mynt—yang dekat dengan ko ni—menegaskan kalau myanmar ketiadaan “wajah demokrasi” - nya.

“merupakan ketiadaan besar untuk kami kalau ko ni tewas dibunuh. ia merupakan muka demokrasi di negeri kami dan juga merupakan ketiadaan besar untuk kami, ” kata mynt, serupa dilansir ap.






(sumber: intisari - online. com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.