Amalan yang Menerangi Gelap dan Himpitan Kubur

Tiap makhluk yang bernyawa tentu pada nantinya hendak hadapi mati, begitu pula yang hendak dirasakan oleh manusia. kehidupan dunia merupakan kehidupan yang sesaat dan juga pelabuhan hidup kita merupakan di akhirat nanti. saat sebelum mengarah akhirat hingga kita hendak merambah kehidupan di alam kubur terlebih dulu. serupa yang kita ketahui kalau kala seorang mati hingga dia hendak dimasukkan ke dalam kubur sehabis seluruh rentetan dilewati.

sehabis manusia melewati kehidupan di dunia, hingga kehidupan yang berikutnya merupakan kehidupan di alam kubur. di dalam kubur, tidak terdapat satu orang juga dapat menemani kita terlebih lagi harta barang hendak meninggalkan kita di dalam kubur sendirian.

nyatanya seluruh orang sempat memandang gimana kondisi di dalam tanah yang jadi naungan sedangkan. di dalam kubur kita hendak sendirian, seluruh keluarga, sahabat, harta dan juga barang hendak meninggalkan kita. tidak terdapat yang dapat menyelamatkan kita tidak hanya amal ibadah sepanjang hidup.

cerita ini berawal kala seseorang perempuan yang kerap menyapu masjid nabawi di era rasulullah. kala dia meninggal, rasul juga terasa kehilangannya. para teman memberitahu dia kalau perempuan itu telah wafat di malam hari dan juga dikubur pada ketika itu pula. para teman tidak memberitahu rasul dikala itu karna tidak hingga hati. setelah itu rasul mau ditunjukkan kuburnya.

sesampainya di kubur si perempuan, dia kemudian menyalatinya dan juga bersabda kalau kuburan ini sangat hitam buat penghuninya. allah swt hendak menyinari kuburnya dengan shalat rasul.

sehabis mayit dikuburkan hingga tanah hendak terus menjadi menyempit dan juga menjepit badannya. tidak seseorang juga baik kecil, besar, jahat maupun sholeh dapat selamat dari kuburnya yang kecil ini. beberapa hadits menarangkan kalau saad bin muadz terhimpit oleh kubur dimana kematiannya menggerakkan arsy, seluruh pintu langit terbuka, dan juga 7 puluh ribu malaikat menyaksikannya.

riwayat lain menarangkan bila inilah yang membikin pintu - pintu langit terbuka, arsy bergerak, dan juga 7 puluh ribu malaikat melihat kematiannya. walaupun demikian, kubur senantiasa menghimpitnya dan juga menjepitnya tetapi dia setelah itu dilepaskan.

rasulullah sempat bersabda kalau sebetulnya tiap kubur memiliki himpitan dan juga apabila seorang selamat dari himpitan itu hingga dia hendak selamat serupa saad ibn muadz yang pula selamat.

imam ali bin abi thalib berkata kalau siapa aja yang melafalkan tulisan an - nisa’ pada hari jum’at, hingga dia hendak dibebaskan dari himpitan kubur ini. amalan buat menerangi alam kubur wajib dicoba buat menghindarkan diri dari gelapnya kubur tersebut.

bersumber pada cerita di atas, kita ketahui kalau kematian sudah terdapat di depan kita. nyatanya tidak cuma kematian yang jadi sesuatu perihal menakutkan namun pula kehidupan di alam kubur. tidak hanya hitam dan juga tidak terdapat sahabat di situ. kubur pula hendak menghimpit siapa aja mayit yang terdapat di dalamnya. terlebih lagi, dia tidak cuma menghimpit orang pendosa namun orang shaleh juga pula hendak merasakannya. walaupun pada kesimpulannya allah hendak melepaskan orang shaleh dari himpitan ini. tidak cuma hingga di sana. di alam kubur kita pula hendak ditemukan 2 malaikat, ialah mungkar dan juga nagkir dimana mereka hendak memperlakukan kita sebagaimana sikap dan juga perbuatan kita dikala hidup di dunia.





(sumber: http:// www. wajibbaca. com/2017/01/amalan-yang-menerangi-gelap-dan. html )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.