Ulama dari yaman syaikh ali bin muhammad asy - syaukani menarangkan tentang kebolehan tradisi umat islam menghadiahkan teks al - quran buat mayit, baik di masjid ataupun di rumah:
الْعَادَةُ الْجَارِيَةُ فِي بَعْضِ الْبُلْدَانِ مِنَ اْلاِجْتِمَاعِ فِي الْمَسْجِدِ لِتِلاَوَةِ الْقُرْآنِ عَلَى اْلأَمْوَاتِ وَكَذَلِكَ فِي الْبُيُوْتِ وَسَائِرِ اْلاِجْتِمَاعَاتِ الَّتِي لَمْ تَرِدْ فِي الشَّرِيْعَةِ لاَ شَكَّ إِنْ كَانَتْ خَالِيَةُ عَنْ مَعْصِيَةٍ سَالِمَةً مِنَ الْمُنْكَرَاتِ فَهِيَ جَائِزَةٌ ِلأَنَّ اْلاِجْتِمَاعَ لَيْسَ بِمُحَرَّمٍ بِنَفْسِهِ لاَ سِيَّمَا إِذَا كَانَ لِتَحْصِيْلِ طَاعَةٍ كَالتِّلاَوَةِ وَنَحْوِهَا وَلاَ يُقْدَحُ فِي َذَلِكَ كَوْنُ تِلْكَ التِّلاَوَةِ مَجْعُوْلَةً لِلْمَيِّتِ فَقَدْ وَرَدَ جِنْسُ التِّلاَوَةِ مِنَ الْجَمَاعَةِ الْمُجْتَمِعِيْنَ كَمَا فِي حَدِيْثِ اقْرَأُوْا يس عَلَى مَوْتَاكُمْ وَهُوَ حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ وَلاَ فَرْقَ بَيْنَ تِلاَوَةِ يس مِنَ الْجَمَاعَةِ الْحَاضِرِيْنَ عِنْدَ الْمَيِّتِ أَوْ عَلَى قَبْرِهِ وَبَيْنَ تِلاَوَةِ جَمِيْعِ الْقُرْآنِ أَوْ بَعْضِهِ لِمَيِّتٍ فِي مَسْجِدِهِ أَوْ بَيْتِهِ اهـ (الرسائل السلفية للشيخ علي بن محمد الشوكاني ص : 46)
“tradisi yang berlaku di sebagian negeri dengan berkumpul di masjid buat membaca al - quran dan juga dihadiahkan kepada orang - orang yang telah wafat, begitu pula perkumpulan di rumah - rumah, ataupun perkumpulan yang lain yang tidak terdapat dalam syariah, tidak diragukan lagi apabila perkumpulan tersebut tidak memiliki maksiat dan juga kemungkaran, hukumnya merupakan boleh. karena pada dasarnya perkumpulannya seorang diri tidak diharamkan, terlebih dicoba buat ibadah serupa membaca al - quran dan juga sebagainya. dan juga bukanlah dilarang menjadikan teks al - quran itu buat orang yang wafat. karena membaca al - quran secara berjamaah terdapat dasarnya serupa dalam hadis: bacalah yasin pada orang - orang yang wafat. ini merupakan hadis sahih. dan juga tidak terdapat kelainannya antara membaca yasin berjamaah di depan mayit ataupun di kuburannya, membaca segala al - quran ataupun sebagiannya, buat mayit di masjid ataupun di rumahnya” (rasail al - salafiyah, syaikh ali bin muhammad as syaukani, 46)
dengan demikian, tradisi semacam ini sudah banyak dicoba oleh umat islam di negara arab. dan juga tidak benar bahwa amaliah ini berasal dari hindu - budha.
berkenaan dengan tradisi kita di jawa, syaikh muhammad ali bin husain al - maliki ditanya seputar tradisi sedekah santapan di jawa, dia menanggapi:
اِعْلَمْ اَنَّ الْجَاوِيِّيْنَ غَالِبًا اِذَا مَاتَ اَحَدُهُمْ جَاؤُوْا اِلَى اَهْلِهِ بِنَحْوِ اْلاَرُزِّ نَيِّئًا ثُمَّ طَبَّخُوْهُ بَعْدَ التَّمْلِيْكِ وَقَدَّمُوْهُ ِلاَهْلِهِ وَلِلْحَاضِرِيْنَ عَمَلاً بِخَبَرِ “اصْنَعُوْا ِلاَلِ جَعْفَرٍ طَعَامًا” وَطَمَعًا فِي ثَوَابِ مَا فِي السُّؤَالِ بَلْ وَرَجَاءَ ثَوَابِ اْلاِطْعَامِ لِلْمَيِّتِ عَلَى اَنَّ اْلعَلاَّمَةَ الشَّرْقَاوِيَ قَالَ فِي شَرْحِ تَجْرِيْدِ الْبُخَارِي مَا نَصُّهُ وَالصَّحِيْحُ اَنَّ سُؤَالَ الْقَبْرِ مَرَّةٌ وَاحِدَةٌ وَقِيْلَ يُفْتَنُ الْمُؤْمِنُ سَبْعًا وَالْكَافِرُ اَرْبَعِيْنَ صَبَاحًا وَمِنْ ثَمَّ كَانُوْا يَسْتَحِبُّوْنَ اَنْ يُطْعَمَ عَنِ الْمُؤْمِنِ سَبْعَةَ اَيَّامٍ مِنْ دَفْنِهِ اهــ بِحُرُوْفِهِ (بلوغ الامنية بفتاوى النوازل العصرية مع انارة الدجى شرح نظم تنوير الحجا)
“ketahuilah, pada lazimnya orang - orang jawa bila diantara mereka terdapat yang wafat, hingga mereka tiba pada keluarganya dengan bawa beras mentah, setelah itu memasaknya sehabis proses serah terima, dan juga dihidangkan buat keluarga dan juga para pelayat, buat mengamalkan hadis: ‘buatkanlah santapan buat keluarga ja’far’ dan juga buat mengharap pahala sebagaimana dalam persoalan (pahala tahlil buat mayit) , terlebih lagi pahala sedekah buat mayit. perihal ini bersumber pada komentar syaikh al - syarqawi dalam syarah kitab tajrid al - bukhari yang berbunyi: komentar yang sahih kalau persoalan dalam kubur cuma satu kali. terdapat komentar lain kalau orang mukmin menemukan tes di kuburnya sepanjang 7 hari dan juga orang kafir sepanjang 40 hari masing - masing pagi. oleh karenanya para ulama terdahulu menyarankan berikan makan buat orang mukmin sepanjang 7 hari sehabis pemakaman” (bulugh al - amniyah dalam kitab inarat al - duja 215 - 219).
ma’ruf khozin, penjaga kajian aswaja majalah aula
(sumber: dutaislam. com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar